Jumat, 07 Juni 2013

silabus (kelas tinggi)


Kelas                                     :  IV
Mata Pelajaran                 :  IPA
Semester                            : 1
STANDAR KOMPETENSI                : 4. Memahami daur hidup beragam jenis makhlik hidup
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajarn
Pengintegrasian nilai PBKB
Kegiatan Pembelajaran
Indicator Pencapaian Kompotensi
penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
Nilai
Indikator
4.1Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing

Daur hidup hewan (dengan metamorfosis)

1.    Rasa   ingin tahu  










2.    Kerja keras







3.    Aktif kreatif






4.    Jujur kerja sama






5.    Komunikatif demokratis


1.    Mendengarkan penjelasan guru serta bertanya kepada guru atau membaca buku di luar buku teks sumber belajar yang telah ada




2.    Berusaha menjawab soal dengan jawaban setepat mungkin oleh masing-masing individu
3.    Member tanggapan dan komentar dalam menyelesaikan tugas kelompok


4.    Tidak menyontek/meniru hasil kerja kelompok lain pada saat menyelesaikan tugas kelompok



5.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas

1.    Guru menjelaskan sekilas tentang daur hidup hewan dengan metamorphosis


2.    Diskusi kelompok  untuk menyelesaikan soal tentang daur hidup hewan dengan kelompok



3.    Presentasi hasil diskusi  kelompok untuk mengetahui jawaban yang paling benar  
4.    Penyimpulan materi pelajaran agar terdapat kemudahan untuk menguasai materi pelajaran dari penjelasan guru
1.    Menjelaskan proses daur hidup hewan dengan metamorphosis


2.    Membuktikan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara yang sama.


3.    Menyimpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan

Tes
Essay
Multiple course








Non tes
Kerja keras,
Rasa ingin tahu, mandiri, jujur,kerja sama, komunikatif, teliti, dan demokratis
50 menit
Buku IPA KTSP SD kelas IV penerbit Erlangga


Gambar daur hidup hewan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar